Social Icons

Sabtu, 17 September 2016

Alun-Alun Kidul Jogja

WISATA MALAM ALUN-ALUN KIDUL "ALKID" YOGYAKARTA


Kawasan Alun-alun Kidul atau sering disebut Alkid saat ini merupakan salah satu kawasan wisata malam di Kota Yogyakarta, selain Malioboro, kawasan Tugu dan Titik Nol Km Kota Yogyakarta. Dulunya Alun-alun Kidul merupakan sasana latihan ketangkasan untuk para prajurit Keraton. Halaman belakang Istana Keraton Yogyakarta ini juga sarat akan cerita. Konon dibangunnya alun-alun ini agar bagian belakang Kraton nampak seperti bagian depan yang juga ditanami pohon beringin kembar. Hal ini bertujuan supaya keraton tidak terkesan membelakangi Laut Selatan yang dikuasai Ratu Kidul. Cerita lainnya yang begitu lekat dengan keberadaan Alkid adalah mitos masangin alias masuk di antara dua beringin. Menurut mitos yang dipercaya turun temurun, bagi siapa saja yang berhasil melakukan masangin maka orang tersebut hatinya bersih dan permohonannya akan terkabul.
Selain sebagai tempat nongkrong  malam yang asik, banyak fasilitas hiburan yang biasa anda nikmati di kawasan Alkid ini. Anda bisa naik sepeda tandem atau kereta/mobil odong-odong yang dihias dengan lampu hias warna-warni. Selain itu anda bisa mencoba permainan masangin, yakni anda harus berjalan kaki dari ujung alun-alun hingga melintasi 2 ringin kurung (beringin kembar yang ada di tengah alun-alun) dengan mata tertutup. Ada pula odong-odong yang menyediakan fasilitas full musik maupun layar mini. Jadi, sambil berkeliling, pengguna odong-odong dapat menikmati beragam musik. Di sini juga banyak warung lesehan sehingga anda bisa duduk-duduk santai menikmati suasana keramaian Alkid dan menikmati menu yang disajikan seperti pecel-lelean, nasi goreng, bakmi jawa, jagung bakar, wedang ronde dan sebagainya. Selain itu dikawasan alkid juga banyak penjual  angkringan, dan jajanan seperti cilok, cimol, bakso bakar, tahu gejrot, tempura, bakso tusuk, dan sebagainya.

Lokasi : Sesuai dengan namanya, Alun-Alun Kidul, lapangan ini terletak di sebelah selatan Keraton Yogyakarta, tepatnya di Jl. Alun-Alun Kidul, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Akses : Dari Pusat Kota Yogyakarta silahkan menuju Plengkung Gading, kemudian masuk Plengkung Gading ke utara lurus nanti sampai lokasi Alun-alun Kidul. Atau dari Maloiboro-Alun-alun Utara-ke barat lewat kauman-Belok ke selatan menuju pasar Ngasem-belok ke timur kearah pintu masuk tamansari-lurus keselatan dikit kemudian belok ketimur nanti sampai lokasi Alun-alun Kidul.

Tarif : Alun-alun Kidul merupakan area publik yang bisa diakses oleh siapa pun. Jadi kamu tidak perlu membayar tiket. Jika ingin berwisata ke tempat ini kamu hanya perlu menyiapkan uang untuk membayar parkir, jajan, menyewa penutup mata untuk masangin, atau menyewa sepeda tandem dan becak hias.
  • Mobil hias/Odong-odong 3x putaran; Rp 30.000 untuk mobil hias kapasitas 4 orang dan Rp 50.000 untuk mobil hias kapasitas 6 orang.
  • Sepeda Tandem hias 3x putaran: Rp 10.000 sampai Rp 15.000
  • Sewa penutup mata untuk Masangin Rp 5.000
Fasilitas : Sejumlah fasilitas sudah tersedia di kawasan Alkid ini diantaranya lokasi parkir sepeda motor dan mobil(untuk bus pariwisata bisa parkir di jalan sebelum masuk Plengkung Gading), toilet,umum dan warung makanan dan minuman.

Galery Foto Wisata Malam Alun-alun Kidul Yogyakarta :

 photo source: putrinyanormal.com

 photo source: amazingweeding.com

 photo source: ig @alfredo_do_

 photo source: yogyakarta.panduanwisata.id

 photo source: yogjo.com

 photo source: putrinyanormal.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates